Senin, 10 Januari 2011

Pasang Fan Pendingin Radio Komunikasi

Diposting: Sunday, August 5th 2007.
Masuk dalam kategori Electronics/ Electrical, Mac Gyver/ Ngulik 
Tags: , , , ,   

- www.saft7.com -
Melengkapi kendaraan dengan radio komunikasi (rakom) memang sangat membantu. Saling bertukar informasi mengenai kondisi lalu-lintas maupun berdiskusi atau bercanda sesama rekan membuat perjalanan yang biasanya penuh dengan kemacetan yang melelahkan menjadi tidak terasa.
Sayangnya perangkat rakom yang digunakan umumnya cepat sekali panas, sehingga akan berpengaruh terhadap kualitas kuat sinyal (Power Output) yang dipancarkan. Dan lebih lanjut bisa saja perangkat tersebut rusak akibat overheating (panas yang berlebihan).

Seorang teman memberikan ide untuk menggunakan Harddisk Cooler (pendingin harddisk PC). Wah idenya bagus juga dan menantang untuk segera dibuat. Aku dapatkan Harddisk Cooler ini di toko komputer dekat rumah seharga 25ribuan. Sayangnya warnanya hanya ada 1 macam saja.


- www.saft7.com -
Selain itu saya juga menyiapkan beberapa komponen elektronik sbb:
1 LED + Mounting LED
1 Saklar
1 Resistor 1K ohm 1/2watt
1 Capasitor 47nF
1 Capasitor 22pF
Kabel secukupnya
Solder + Timah Solder
Bor Listrik
Total keseluruhan biaya termasuk Cooler tidak lebih dari 35ribu rupiah.

Persiapan:

Mulailah dengan mempersiapkan Harddisk Cooler… dan semua fan dilepas,

kemudian dibuat lubang untuk pemasangan LED dan saklar.

Karena saya kurang cocok dengan warna finishing aluminium anodize tersebut, saya berniat untuk melapisnya dengan sticker berwarna gelap agar ‘matching’ dengan rakom tersebut.


Stiker sudah selesai rapi terpasang, fan kembali dipasang, juga saklar dan led.

- www.saft7.com -

Pelistrikan:

Saya gunakan kapasitor 22pF dan 47nF sebagai noise-filter agar tidak mengganggu kualitas sinyal rakom, yang dikeluarkan oleh fan.

Berikut skema sederhana yang saya coba buat untuk project ini.

Fan Pendingin sudah selesai dirakit..


- www.saft7.com -

Pemasangan:

Untuk memasangnya di rakom, saya menggunakan DoubleTape tebal. Rekatannya cukup kuat dan sekaligus sebagai peredam getaran yang mungkin ditimbulkan oleh fan terhadap rakom.




Selesai!

Nah, dengan sudah dilengkapi fan pendingin, tidak kuatir lagi rakom kepanasan…

Pengembangan lain?

Oh ya… saya menambahkan Led, dimaksudkan agar tidak lupa untuk mematikan fan pendingin tersebut jika keluar dari mobil.
Menyala Otomatis?
Lain waktu saya coba untuk mencari skema yang sesuai untuk supaya fan bisa menyala otomatis jika sirip pendingin rakom mencapai suhu tertentu, dengan menggunakan Thermosensor untuk mengaktifkan fan. Dengan demikian tidak perlu lagi lupa mematikan fan.. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar